Diduga Sapi Bantuan Desa Air Kati di Jual

NARASI UPDATE – Sebanyak 6 ekor sapi bantuan di Desa Air Kati Kecamatan Padang Ulak Tanding (PUT) Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu yang notabenya untuk kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan pengembang biakan ternak sapi Duga di jual .

Dugaan sapi bantuan di jual oleh pihak desa berkembang di masyarakat ,di ketahui bahwa bantuan ternak sapi yang di duga di jual tersebut merupakan sapi bantuan untuk masyarakat yang di beli dari anggaran Dana Desa melalui Dana Ketahanan pangan .

Selain dari pada itu ,informasi yang di himpun media ini dari warga desa tetangga bahwa ada perangkat Desa Air Kati yang hendak meminjam ternak sapi ,untuk di tempatkan di kandang ternak di Desa Air Kati karena saat ini sapi bantuan itu tidak berada di Desa Air Karena adanya pengecekan dari dinas terkait .

“Iya mas pernah salah satu perangkat Desa Air Kati yang datang kesini hendak meminjam ternak sapi kami ,namun tidak bisa kami berikan karena kami harus melapor dulu ke Kepala Desa .

“Setelah kami melapor sapi akan di pinjam ,kepala.desa kami tidak mengizinkan karena sudah lain desa ,”ungkap warga itu yang namanya enggan di sebutkan .

Kemungkinan mereka hendak meminjam sapi kami itu ,karena ada pemeriksaan jadi sapi mereka itu tidak ada di kandang ,”jelasnya .

Sementara itu ,Umar selaku Sekretaris (Sekdes) Desa Air Kati saat di temui media ini menceritakan bahwa sapi bantuan itu bukanlah di jual melainkan di gadai untuk menutupi hutang ,”kata Umar .

Umar mengatakan kalau di jual tidak namun hanya di gadai dengan seseorang untuk menutupi atau membayar hutang ,namun dirinya enggan mengatakan bayar hutang desa atau hutang pribadi .

Terpisah ,Endang Sulfiadi Sip selaku Kasi Pemerintahan saat itu mengatakan bahwa membenarkan bahwa Pemerintah Desa Air Kati di Tahun 2022 yang lalu mengajukan untuk pengajuan ternak sapi.

“Ya benar di Tahun 2022 ada pengajuan kegiatan pengembang biayakan ternak sapi yang mana anggaranya dari Anggaran Dana Desa “,ujar Endang .

Saat itu saya menjabat Kasi Pemerintahan dan yang mengajukan pengajuan untuk pembelian ternak sapi tersebut pemerintah Desa Air Kati ,”jelasnya .

itu memang ada pengajuan nya di Tahun 2022 yang lalu ,namun saat ini kami belum mengetahui sapi tersebut sudah di jual atau di gadai ke pihak lain ,kami baru mengetahui informasi ini ,”terang Endang.

Kalau untuk saat ini saya selaku PLT Sekretaris Kecamatan (Sekcam)PUT belum mengetahui prihal sapi pengadaan pembelian dari dana desa sudah di jual .

Endang membenarkan bahwa Sapi batuan itu merupakan sapi bantuan yang dananya dari Pengadaan Dana Desa di Tahun 2022 yang lalu,sebab saat itu dirinya menjabat Kasi Pemerintahan di Kantor Camat PUT.

Sebab saat itu pihak Desa Air Kati mengajukan kegiatan melalui ketahanan pangan pembelian ternak sapi sebanyak 6 ekor .(GRNG)

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Kreatif Dunkzzz