Dandim 0409 RL Tinjau Pekerjaan Pembangunan Bak Penampungan Sumber Air Bersih Lawang Agung

NARASI UPDATE -Dandim 0409 RL Letkol INF Mohc.Renaldi Herbowo S.sos MSI ,melakukan peninjauan dan turun langsung ke lokasi pembangunan Bak Penampungan Sumber Mata Air Sungai Tak Tung yang berada di Dusun 5 Desa Lawang Agung Kecamatan Sindang Beliti Ulu (SBU) Kabupaten Rejang Lebong Propinsi Bengkulu ,guna pendistribusian Air bersih ke rumah penduduk .

Peninjauan pelaksanan pekerjaan Sumber Mata Air Bersih yang ada di Dusun 5 Desa Lawang Agung ini yang mana pekerjaannya sudah berjalan 50 persen tahap pekerjaan .

Pembangunan pekerjaan pembuatan sumber Air Bersih ini merupakan Program dari TNI Angkatan Darat (AD) melalui Program manunggal Air yang mana Program ini merupakan Program pemerataan Sumber mata air untuk kehidupan yang merata untuk masyarakat Indonesia .

Perlu di ketahui Dusun 5 Desa Lawang Agung merupakan dusun yang berada di dataran tinggi Kaki Bukit Besar .selain itu Dusun 5 Desa Lawang Agung ini merupakan dusun yang mayoritasnya merupakan petani kebun kopi dan tanaman muda seperti cabe rawit dan cabe panjang sehingga sangat sekali di butuhkan sumber mata air untuk penopang pertanian dan perkebunan .

Selain dari pada itu Dusun 5 Desa Lawang Agung untuk kebutuhan sehari hari seperti minum dan mencuci harus mengambil air dari Desa Lawang Agung yang jarak tempuhnya mencapai 4 KM .Sehingga Warga harus mengambil air menggunakan jerigen dengan kendaraan bermotor baik pagi ataupun sore hari .

Dengan di bangunnya Sumber Mata Air melalui pipa moderenisasi yang akan di salurkan ke tiap rumah yang ada di Dusun 5 ini ,maka masyarakat yang ada di Dusun 5 Desa Lawang Agung tidak susah payah lagi mengambil air dari induk desa yang jaraknya mencapai 4Km lebih .

Dandim 0409 RL Letkol Inf Mohc.Renaldi Herbowo S.sos MSI saat di jumpai awak media di lokasi pembangunan sumber mata air bersih ,Jumat 20/10 2023 Pagi mengatakan bahwa kegiatan pembuatan pembangunan pipanisasi pembuatan bak penampungan Air Bersih dari sumber mata air alam yang peruntukannya untuk masyarakat yang sebelumnya kesulitan mendapatkan air bersih untuk kehidupan .

Pembangunan bak penampungan hingga pipanisasi ke rumah rumah masyarakat ini merupakan tindak lanjut program dari TNI AD Manunggal Air yang telah dicanangkan, TNI AD menyelenggarakan Penataran Kader yang akan menjadi ujung tombak untuk menyukseskan program tersebut di seluruh wilayah Indonesia,”kata Dandim 0409 RL.

Selain itu , TNI AD sebagai bagian dari komponen bangsa merespons dengan cepat untuk membantu program penyediaan air dari pemerintah dengan mencanangkan TNI AD Manunggal Air secara serentak di laksanakan di seluruh Indonesia .

Sehingga dengan adanya pembangunan pembuatan bak tampung dari sumber mata air alam yang akan di salurkan ke tiap rumah masyarakat yang ada di Dusun 5 Desa Lawang Agung Kecamatan SBU Kabupaten Rejang Lebong di harapkan masyarakat yang ada di sini tidak susah lagi mengambil air bersih ,yang mana nantinya airnya langsung ada di tiap rumah masyarakat ,”ungkapnya .

“Apa lagi kalau dari peninjauan kita di lokasi wilayah Dusun 5 Desa Lawang Agung ini berada di ketinggian sehingga suber airnya memang sulit karena ada di ketinggian ,jadi dengan adanya penyaluran air bersih ke rumah penduduk ini dari sumber mata air alam sangat la bermanfaat ,”jelasnya .

Dandim 0409 RL mengatakan bahwa pembangunan pembuatan bak penampungan hingga penyaluran ke rumah penduduk di Dusun 5 Desa Lawang Agung ini ,pihaknya mendatangkan ahlinya dari Angkatan Darat yakni dari Kostrad yang turun langsung ke sini guna membantu pengerjaan tersebut .

Sedangkan sistem penyaluran dari bak penampungan ke rumah rumah penduduk pihaknya menggunakan alat hidrolik untuk penyaluran air hingga ke rumah penduduk ,”terangnya .

Dirinya nya menjelaskan untuk tahap pertama program Manunggal Air ini di Wilayah Kodim 0409 RL baru satu titik yakni di Dusun 5 Desa Lawang Agung Kecamatan SBU ,namun untuk kedepannya Inayah Allah program ini akan berkelanjutan di seluruh Wilayah Kodim 0409 RL .

Dandim RL juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Desa Lawang Agung serta masyarakat yang telah mendukung dan membantu terwujudnya pembangunan pipanisasi dari bak penampungan hingga pemasangan pipa penyaluran hingga ke rumah rumah penduduk yang ada di Dusun 5 Desa Lawang Agung ini .

Sementara itu ,Camat SBU Aji Keri SH juga menyampaikan terima kasih kepada Kodim 0409 RL yang telah membangun bak penampungan air bersih hingga pipanisasi ke rumah masyarakat yang ada di Dusun 5 Desa Lawang Agung ini .

Dengan adanya Program Manunggal Air dari Angkatan Darat ini masyarakat di sini sangat lah terbantu ,karena sebelum ini masyarakat disini sangat susah mengambil air yang mana jarak tempuhnya untuk mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari hari terpaksa menempuh jarak hingga 4Km lebih ,”ungkap Camat SBU .

“Sekali lagi kami Pemerintah SBU mengucapkan ribuan terima kasih atas di bangunnya hingga penyaluran air bersih ke rumah penduduk di Dusun 5 Desa Lawang Agung Kecamatan SBU .

Hal yang sama juga di katakan Adi Bing Selamet selaku Kepala Desa Lawang Agung “Selama ini warga masyarakat yang tinggal di dusun 5 ini mengambil Air untuk kebutuhan sehari hari terpaksa ke Desa Lawang Agung setiap pagi dan Sore hari menggunakan jerigen dan di bawa dengan motor sebab di dusun ini tidak ada sumur karena berada di ketinggian .

“Nah dengan adanya Pembangunan bak penampungan dari Sumber Mata Air Tak Tung ini hingga pemasangan pipa penyaluran air bersih ke rumah penduduk ,”Kami selaku Pemerintah Desa Lawang Agung dan mayarakat dusun 5 mengucapkan ribuan terima kasih ke Kodim 0409 RL khusunya Dandim 0409 RL Letkol Inf Mohc.Renaldi Herbowo S.sos MSI serta jajarannya.

Dalam kegiatan peninjuan pekerjaan pembanguan penyaluran air bersih di Dusun 5 Desa Lawang Agung Kecamatan SBU ,Dandim 0409 RL Letkol Inf Mohc.Renaldi Herbowo S.sos MSI turun langsung ke lokasi dengan berjalan kaki kurang lebih 1Km di dampingi Bati Tuud Koramil 409-03/PUT Serma Bento Hernadi ,Unit Intel Dim 0409 RL,Camat SBU ,Kepala Desa Lawangan Agung serta masyarakat Dusun 5 Desa Lawang Agung .(Grng)

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Kreatif Dunkzzz