Babinsa Kodim 0409 RL Ikuti pelatihan Budidaya Ikan dan Pembuatan Pakan Ikan Mandiri

NARASI UPDATE -Sejumlah Anggota Babinsa TNI dari Kodim 0409 RL mengikuti pelatihan cara budidaya ternak ikan Nila dan pelatihan cara pembuatan pupuk pakan ikan secara mandiri .

Kegiatan ini di selenggarakan Kodim 0409 RL bersama Penyuluh dari Kementrian Perikanan dan Kelautan yaang datangnya dari Kabupaten Musirawas Sumatra Selatan .dengan tujuan dalam rangka mendukung kegiatan program unggulan Kodim 0409 RL tentang ketahanan pangan .

Sehingga para Babinsa yang ada di jajaran Kodim 0409 RL bisa melakukan pendampingan kepada para peternak ikan yang ada di Wilayah Teritorial Kodim 0409 RL .

Pelatihan pengembangan budi daya ikan dan pembuatan pakan ikan secara mandiri ini bertempat di Makoramil 409 -03 /PUT ,Selasa 18/7 2023 siang .

Dandim 0409/RL Letkol INF Moch Renaldy Herbowo S.Sos MSi melalui Bat Tuud Koramil 408-03/PUT Serma Bento Hernadi membenarkan adanya pendampingan pelatihan Babinsa untuk melakukan pendampingan di masyarakat atau melakukan penyuluhan pada peternak ikan yang mana nantinya anggota yang ada di lapangan bisa menyampaikannya ke peternak ikan yang ada di wilayah Babinsa itu bertugas.

Bento menjelaskan untuk pelatihan ini perwakilan Babinsa ini di berikan pelatihan budidaya ikan nila dan cara pembuatan pakan ikan secara mandiri dengan Narasumber Apep Saipulah SP dan Amir Mahpud (Purna TNI ) yang datangnya dari Penyuluh Kementrian Perikanan dan Kelautan dari Kabupaten Musirawas Sumatra Selatan .

Selain Babinsa ada juga peternak ikan dari Kabupaten Rejang Lebong yang hadir saat pelatihan ini ,”ungkapnya .

Selain itu ,Keunggulan pembuatan pakan ikan secara mandiri ini sangat berguna serta bermanfaat bagi peternak budidaya ikan nila karena dengan harga pakan ikan yang di buat secara mandiri ini bisa menekan biaya produksi secara ekonomis sebab jika pakan ikan di buat secara mandiri bisa 5ribu sudah jadi ,dengan perbandingan pakan ikan yang di pasaran mencapai harga 10 ribu jadi lebih ekonomis lagi 5 ribu rupiah perbandingannya ,”jelasnya .

Sedangkan Untuk kwalitas pakan pembuatan secara mandiri ini hasil yang di capai bisa setara dengan pakan ikan yang di jual di pasaran ,”terangnya .

intinya Babinsa yang bertugas di wilayah masing masing bisa melakukan pendampingan dan bisa terjun langsung ke peternak peternak ikan yang ada serta bisa melakukan pendampingan tata cara pembuatan pakan secar mandiri ,guna mensukseskan Program Unggulan Kodim 0409 RL tentang Ketahanan Pangan .(GRNG)

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Kreatif Dunkzzz