Masih Lakukan Tender di Akhir Tahun, Endang : Hanya Menjalankan Perintah

NARASI UPDATE – Belasan paket pekerjaan barang dan jasa di Kabupaten Musi Rawas hingga menjelang akhir Tahun Anggaran 2022 belum selesai proses tender.


Menurut Endang selaku POKJA Unit Layanan Pengadaan (ULP) Kabupaten Musi Rawas, beberapa paket pekerjaan yang baru dilelang tersebut merupakan usulan dari PPK dan dirinya hanya menjalankan perintah selaku POKJA untuk melelang.


“saya tuh hanya menjalankan perintah, orang nyuruh lelang ya kami lelang.” Jelas Endang kepada Wartawan.


Lanjut dijelaskan Endang, Usulan paket pekerjaan yang sedang tender ataupun yang telah selesai tender adalah usulan APBD Perubahan 2022 dan usulan permohonan tender baru dikirimkan ke Bagian PBJ mulai dari pertengahan Oktober sampai dengan pertengahan November 2022.


Dan terkait proses tender yang telah dilaksanakan oleh pokja dan masih ada tender yang sedang berproses, berdasarkan Spesifikasi teknis dari PPK Musi Rawas dimulai dari dinas dan dapat ditenderkan setelah ada usulan dari PPK dan direview, berdasarkan spesifikasi teknis dari ppk secara teknis dapat diselesaikan sampai dengan akhir Tahun .


Adapun beberapa paket pekerjaan yang kini masih dalam proses tender diantaranya, Rehabilitasi Renovasi Ruangan dan Fasilitas Command Center Polres Musi Rawas senilai 266 juta.
Kemudian, Peningkatan Jalan Simpang Gegas – Dusun Suro (K-098) senilai 5 Miliar. Peningkatan Jalan Dangku – Dusun lubuk Sari (K-81) senilai 10 Miliar. Pemasangan Jaringan Listrik Desa Ngestiboga I Kecamatan Jayaloka senilai 298 Juta.


Selanjutnya, Jasa Konsultan Pembuatan Site Plan Aset Pemkab senilai 189 Juta. Pembangunan Drainase Desa Ngestiboga 2 Kecamatan Jayaloka senilai 298 Juta. Penyusunan Feasibility Study (FS) dan DED Pembangunan Gedung Serba Guna di Muara Beliti senilai 294 Juta. Pembangunan Tugu Selamat Datang Desa Tanjung Kecamatan Muara Kelingi senilai 493 Juta.


Lanjut, Pembangunan Jalan Lingkungan Desa Sitiharjo Kecamatan Tugumulyo senilai 493 Juta. Pelebaran Jalan Lingkungan Desa Ngadirejo Kecamatan Tugumulyo senilai 493 Juta.

Pembangunan Jalan Lingkungan Desa Mataram Kecamatan Tugumulyo senilai 493 Juta. Pembangunan Fasilitas Kesehatan Lainnya – Pengembangan Gedung Radiologi – Pemasangan Timbal Gedung Radiologi senilai 420 Juta. Konsultan LARAP senilai 300 Juta. Pembangunan Fasilitas Kesehatan Lainnya – Pembangunan Baru Polindes Banpres senilai 350 Juta.


Sekedar mengingatkan, menyadur tanggapan dari Presiden RI Joko Widodo yang telah terbit didalam pemberitaan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyesalkan masih adanya proses tender yang dilakukan menjelang akhir tahun. Menurut dia, proses tender tersebut seharusnya bisa dilakukan di awal tahun agar realisasinya sesuai rencana.

Lanjut Jokowi, Pekerjaan yang masih berproses tender menjelang Akhir Tahun, hasil Kualitas dari pekerjaan itu dapat dipastikan Jelek.(*)

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Kreatif Dunkzzz