Antisipasi Wabah DBD, Warga RT 09 dan RT 11 ‘Gotong Royong’

NARASIUPDATE – Upaya dalam mengantisipasi wabah Demam Berdarah Dengue (DBD) di musim penghujan seperti sekarang ini. Warga Rt 09 dan Rt 11 di Kelurahan Kenanga, Kota Lubuklinggau mengadakan gotong-royong untuk membersihkan siring dan semua sampah. Minggu (20/3/2022)

Dalam kegiatan gotong royong tersebut hadir ketua Rt 09 dan Ketua Rt 11 dan sejumlah warga yang berada di dalam lingkup wilayah tersebut.

Ketua Rt 09, Hadi mengatakan bahwa gerakan gotong royong membersihkan lingkungan tersebut mereka lakukan guna untuk menghindari penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

“Gotong royong ini kami lakukan sebagai bentuk kesadaran kami sebagai masyarakat, bahwa kesehatan bisa diwujudkan dengan upaya bersama, salah satunya dengan kegiatan gotong-royong menjaga kebersihan lingkungan, untuk mencegah penyakit demam berdarah,” ucap Hadi.

Dirinya menjelaskan bahwa kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan, selain untuk meningkatkan kebersamaan, kesadaran dan memupuk jiwa sosial antarwarga juga akan berimbas pada terlaksananya gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).

Hal senada juga di ungkapkan warga Rt 09 Indra (In), musim hujan seperti ini sangat berpotensi adanya jentik nyamuk yang akan berkembang biak.

“Maka dari itu dalam mengantisipasi dan menghindari wabah DBD, kami melaksanakan gotong-royong guna untuk menjaga kebersihan lingkungan”, ujarnya In sapaan akrabnya.

Lanjut, dirinya juga berharap agar apa yang telah di lakukan ini dapat menjadi motivasi dan menimbulkan kesadaran bagi setiap warga di Rt lain, dalam sama-sama mengantisipasi penyebaran wabah penyakit DPD di Kelurahan Kenanga.

“Kami sebagai warga berharap Pemerintah Kelurahan Kenanga dapat segera berkoordinasi dengan Dinas kesehatan agar melakukan Fogging atau pengasapan di wilayah kelurahan kenanga, khususnya di wilayah Rt 09 dan Rt 11, agar warga Kelurahan Kenanga ini terhindar dari Wabah penyakit DBD”, pungkas. (Syarif)

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Kreatif Dunkzzz