Bupati Mura Resmi Serahkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Kabupaten Kepada Pelatih

NARASIUPDATE.COM – Penyerahan Paskibraka Kabupaten Musi Rawas Tahun 2021, berjalan dengan lancar dipimpin langsung oleh Bupati Musi Rawas, Hj. Ratna Mahmud Bertempat di Auditorium Pemerintah Kabupaten Musi Rawas, Selasa (10/8/21).

Penyerahan ini dilaksanakan oleh, Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Mura dari Pemkab Mura kepada pelatih. dengan diserahkannya anggota Paskibraka ini diharapkan dapat berlatih dengan sungguh-sungguh untuk menyukseskan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) pada 17 Agustus 2021.

Hadir dalam upacara tersebut, Bupati Hj. Ratna Machmud, Asisten I Pemkab Mura, H. Heriyanto, Kadispora Mura, Dien Candra dan para pelatih.

Dalam sambutannya Bupati mengatakan, Paskibraka bertujuan membentuk rasa tanggung jawab dan memupuk rasa disiplin seseorang atau kelompok, dalam melakukan kegiatan bersama. Paskibraka juga dapat menumbuhkan kesadaran berbangsa, bernegara serta mengembangkan sikap kepemimpinan khususnya para pelajar yang saat ini berdiri.

“Hari ini adik-adik paskibraka akan diserahkan kepada pelatih. Kalian yang sudah terpilih dan memenuhi syarat menjadi anggota paskibraka, akan diberikan pelatihan dan pembinaan, sesuai jadwal yang sudah ditentuhkan,” terangnya.

Bupati juga menambahkan, tahapan pelatihan nanti untuk memandu semangat generasi muda. Dan nantinya siap menjadi pandu ibu pertiwi yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, serta setia dan patuh kepada NKRI.

“Saya ucapkan selamat, kepada adik-adik untuk mempersiapkan diri, karena selepas upacara ini akan memulai latihan sebagai anggota Paskibraka Kabupaten Musi Rawas tahun 2021,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Musi Rawas, Dien Chandra dalam laporannya kepada Bupati mengatakan, bahwa proses seleksi calon Paskibraka tingkat Kabupaten Musi Rawas tahun 2021, dilaksanakan pada bulan Maret tahun 2021 lalu. Calon peserta diseleksi dari 42 SMA/SMK/MA sederajat dalam Kabupaten Musi Rawas.

“Dari hasil seleksi dibeberapa sekolah tersebut, didapati sebanyak 150 orang calon paskibraka, terdiri dari 60 orang putra dan 90 orang putri. Selanjutnya mereka kembali lagi diseleksi pada bulan April lalu, dan didapati 75 orang yang terdiri dari 35 putra dan 35 putri, yang akan mengikuti pemusatan latihan oleh pelatih nantinya,” kata Dien sapaan akrabnya.

Lebih lanjut, Dien menyampaikan salah satu putra-putri pasukan Paskibraka Kabupaten Musi Rawas, berhasil mengikuti seleksi calon paskibraka tingkat provinsi Sumatera Selatan tahun 2021. Anak ini bernama Rara Andini, yang berasal dari SMA Negeri Megang Sakti Kabupaten Musi Rawas.

Nantinya, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) ini akan diberi pelatihan dan pembinaan selama 8 hari oleh pelatih, pemusatan pelatihan akan dilaksanakan dihalaman Pemerintah Kabupaten Musi Rawas, selama masa latihan pasukan ini akan dipondokan di Hotel Dewinda Kota Lubuklinggau.

Kemudian ia, juga melaporkan pelatih yang akan memberikan pelatihan kepada paskibraka Kabupaten Musi Rawas sebanyak 6 orang, pelatih ini terdiri dari 1 orang koordinator pelatih dan 3 orang pelatih yang berasal Anggota Kodim 0406 Lubuklinggau, Musi Rawas dan Musi Rawas Utara. Serta 2 orang pelatih dari Polres Kabupaten Musi Rawas.

Dien Candra, juga mengingatkan kepada adik – adik Paskibraka yang berhasil terpilih masuk, untuk berlatih dengan sungguh-sungguh serta mengikuti aturan dan arahan pelatih. “Baik buruknya pada saat pengibaran nantinya, merupakan wujud dari selama mengikuti proses latihan, untuk itu kepada adik-adik Paskibraka agar jangan main-main dan fokuskan waktunya untuk berlatih dengan baik,” pungkasnya. (Syarif)

 

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Kreatif Dunkzzz