Brigif 8/GC Diresmikan Pangdam II Sriwijaya

NARASI UPDATE – Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi melaksanakan kegiatan Peresmian Satuan Brigif 8/Garuda Cakti sekaligus Pelantikan Komandan Brigade Infanteri 8/Garuda Cakti serta serta Alih Kodal Yonif 141/AYJP dan Yonif 144/JY .(Rabu 31/3).

Brigade Infanteri 8/Garuda Cakti yang di resmikan kali ini di beralamatkan di jalan Padang Ulak Tanding (PUT) -Kota Padang Kabupaten Rejang Lebong Propinsi Bengkulu .

Acara kegiatan upacara peresmian Brigif 8/GC serta pelantikan Komandan Brigade Infanteri 8/Garuda Cakti tersebut di pimpin langsung oleh Inspektur Upacara Mayjen TNI Agus Suhardi dan sebagai Perwira Upacara Mayor INF RIas Yanuar sedangkan selaku Komandan Upacara Mayor Inf Andri Suratman .

Selain itu acara peresmian Brigif 8/GC
yang berjalan lancar dan aman tersebut di haadiri langsung oleh ,Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi beserta Istri,Danrem 041/Gamas Brigjen TNI Yanuar Adil beserta Istri,Danrem 044/Gapo Brigjen TNI Jauhari Agus Suraji S,ip,S.sos beserta Istri,Irdam II/Sriwijaya Brigjen TNI Henra Hari Sutaryo beserta Istri ,Wakil Gubernur Provinsi Bengkulu Rosjonysah ,Kabinda Provinsi Bengkulu Pambudi Cahyono Widodo,Asrendam II/Sriwijaya Kolonel Arh M.Zaini beserta Istri,Asops Kasdam II/Sriwijaya Kolonel Inf Willy Brodus Yos R beserta Istri,Aspers Kasdam II/Sriwijaya Kolonel Inf Efdal Nazra beserta Istri ,Kasrem 041/Gamas Kolonel Arh MFR.Nasution beserta Istri,Kasiops Kasrem 041/Gamas Kolonel Inf Muladi SH beserta istri,Kasi Intel Kasrem 041/Gamas Kolonel Inf Richard Harison ,Kasiren 041/Gamas Kolonel Inf M.Herry Subagyo ,Dandim 0407/Bengkulu Kolonel Inf Uchi Cambayong ,Bupati RL Drs Syamsul Efendi MM ,Bupati Lebong Kopli Ansyori,Bupati Kepahyang Hidayatullah ,
Wakil Bupati RL Hendra Wahyudiansyah SH,Ketua DPRD RL Mahdi Husen SH ,
Dandim 0409/RL Letkol Inf Sigit Purwoko SE,Dandim 0423/BU,Dandim 0408/BS,Dandim 0425/Seluma,Dandim 0428/MM ,Kapolres RL AKBP Puji Prayitno S,IK,MH,Ka SPN Kombes Asrial Kurniansyah, SH ,Danyonif 144/JY Mayor Inf Andri Suratman,Danyonif 141/AYJP
,Ketua PN RL Syarif SH, MH, Ketua Pengadilan Agama RL Drs. H. Sarnidi, AH, MH,Kajari RL Yadi Rahmat Sunaryadi SH,MH,Danden Zibang, Danden Pal Mayor Cpl Eko Yuyus. HS, Danden Bekang Mayor Cba Thomas Yudirahmansyah, SIP,Danden POM Lettu CPM Supriyanto ,Danyon Brimob Kompol Thomson Sirait dan Kalapas Curup Heri Azhari BCIP, S. Sos.

Dalam kegiatan peresmian itu di selenggarakan beberapa item kegiatan diantranya ,Pembacaan Keputusan
Pernyataan Peresmian Kesatuan oleh Irup, Pelantikan dan Alih kodal Pemasangan tanda Jabatan dan Penerimaan tongkat Komando,Pengambilan Dhuaja Brigif 8/GC ,Penyerahan Tunggul Yonif 144/JY
9).Penyerahan Tunggul Yonif 141/AYJP dan Penanda tanganan Berita Acara kegiatan peresmian Brigif 8/GC serta
Penandatanganan Prasasti ,
Pembukaan Selubung Papan Nama Brigif 8/GC .

Dalam kesempatan itu Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi memberikan amanat
Sebagai Pembentukan satuan baru di jajaran TNI AD sudah melalui kajian Strategis dan evaluasi yang mendalam terhadap berbagai aspek sehingga terwujud stabilitas pertahanan negara,khususnya di wilayah Kodam II/Sriwijaya .

“Selain itu salah satu latar belakang pembentukan Brigade Infanteri 8/GC dan alih kodal satuan dalam rangka mengimbangi perkembangan lingkungan strategis dan mengantisipasi kemungkinan potensi ancaman yang di prediksi selalu bergerak dinamis serta bervariatif pada masa yang akan datang sesuai tuntutan kemajuan zaman ,”ujarnya.

Dijelaskanaya ,Pembentukan Brigade 8/GC merupakan realisasi keinginan,harapan dan permintaan masyarakat dan pemerintah daerah Bengkulu yang merupakan wujud kepercayaan masyarakat Bengkulu terhadap Kodam II/Sriwijaya .

Dikatakannya , kesempatan ini juga dilaksanakan alih Kodal satuan yaitu Yonif 144/JY dan Yonif 141/AYJP yabg sebelumnya di bawah Korem 041/Gamas dan Korem 044/Gapo yang selanjutnya di alih kodalkan ke Brigif 8/GC .

Selain itu dalam peresmian Brigif 8/CG tetsebut Pangdam ll Sriwijaya berharap,dengan peresmian dan Alih kodal ini dapat memberikan kontribusi Positif dalam memberikan rasa aman,damai serta mampu meningkatkan kesejahteraan masayarakat dan terjalin komunikasi yang baik dengan pemerintah daerah,Polri dan segenap komponen Masyarakat .

Ditambahkanya ,Peresmian Brigif 8/GC oleh Pangdam II/Sriwijaya ini sebagai Satuan Tempur di bawah kendali kodam II/Sriwijaya yang membawahi 2 Batalyon Infanteri,yaitu Yonif 144/JY dan Yonif 141/AYJP dengan di tandai penyerahan Tunggul Jaya yudha oleh Danrem 041/Gamas dan Tunggul Aneka Yudha Jaya Prakosa oleh Danrem 044/Gapo kepada Danbrigif 8/GC dalam rangka alih kodal dari batalyon di bawah Korem menjadi batalyon dibawah naungan Brigif .

Untuk saat ini ,Letnan Kolonel Inf Andar Rudianto Panggabean sebagai pejabat Komandan Brigade Infanteri 8/GC menerima Dhuaja Garuda Chakti dari Pangdam II/Sriwijaya sebagai tanda atas pelantikan dirinya mengemban amanah tersebut ,”terang Pangdam ll Sriwijaya.

Selanjut nya dirinya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada bapak Gubernur dan Bupati serta Forkopimda dan seluruh masyarakat Kabupaten Rejang Lebong yang telah memberikan dukungan dan kerjasama yang baik mulai dari penyiapan markas sampai dengan peresmian sehingga berjalan dengan aman dan lancar.Semoga tuhan yang maha kuasa selalu memberikan Bimbingan petunjuk dan lindungan Nya dalam melanjutkan pengabdian kepada masyarakat,bangsa dan Negara Indonesia tercinta.(Mansur)

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Kreatif Dunkzzz