Desas Desus Proyek Hampir 4 Milyar Mangkrak

NARASI UPDATE -Desas Desus pengerjaan Proyek Jalan Usaha Tani (JUT) di Dusun 1 dan 2 Tran Taktoy Desa Taktoy Kecamatan Padang Ulak Tanding (PUT) Kabupaten Rejang Lebong Propinsi Bengkulu yang di kerjakan oleh Kelompok Tani Anugrah 2 yang di ketuai oleh Lamijo beredar kabar mangkrak atau pelaksanaan pekerjaannya berhenti .

Perlu di ketahui Dana Hiba yang notabenya untuk kesejahteraan petani sawit yang mana sumber dananya berasal dari Dana Bantuan BPDPKS (Bandan Pengumpul Dana perkebunan Kelapa Sawit) yang sumber dananya berasal dari Asosiasi Pengusaha petani pengebun Sawit melalui Dinas Pertanian Pusat dan salah satu Kecamatan PUT yang mendapatkan bantuan tersebut yakni Desa Taktoy .

Pakde Lamijo selaku Ketua Kelompok Tani Anugrah 2 membenarkan adanya kegiatan pekerjaan pembukaan jalan baru Usaha Tani (JUT) di dusun 1 dan 2 Desa Taktoy Kecamatan PUT Kabupaten Rejang Lebong .

Dirinya mengatakan bahwa pekerjaan yang berkembang dan di isukan makrak itu tidak la benar ,”jelasnya .

“Namun dirinya mengakui jika pelaksanaan pekerjaan itu sempat berhenti sejenak atau rehat sejenak ,”ujarnya .

“Rehatnya sejenak pekerjaan tersebut Karena faktor cuaca saat itu dan juga ada pengalihan metode rencana karena alat tidak bisa bekerja dengan baik ,”terangnya .

Dijelaskanya dirinya selaku penanggung jawab pelaksanaan pekerjaan sekaligus ketua kelompok tani langsung berkoordinasi dan Konsultasi ke Dinas Pertanian pusat katanya ,boleh ada perubahan metode dari rencana sebelumnya ,baik jembatan baik plat deker supaya alat bisa masuk .

“Kalau untuk pekerjaan di lapangan Bentuknya swakekoka ,”ujarnya .

Dikatanya untuk saat ini dana yang sudah cair mencapai 40 persen itupun setelah di hitung dana yang di cairkan tidak cukup ,Namun setelah dana yang di kucurkan cair pekerjaan akan kita lanjutkan lagi ,”

Pakde Lamijo mengungkapkan Awal pekerjaan di mulai awal bulan Maret 2024 yang lalu dan untuk pembukaan jalan tinggal tersisa 150 meter lagi dan yang belum di kerjakan itu diantaranya Jembatan ,Plat Deker dan Pengerasan jalan ,”katanya .

Dirinya menjelaskan item pekerjaan JUT itu terdiri beberapa item yakni
Jembatan ,Plat Deker dan pengerasan .
Yaitu 14 item terdiri dari ,7 plat deker dan 11 titik jembatan pendek dan terakhir pengerasan jalan .

Namun untuk Dana mencapai 3.9 milyar itu ada dana yang tidak terpakai nanti akan di kembalikan lagi ,”jelas pakde Lamijo .

Sementara itu Budi selaku Kepala Desa membenarkan adanya kegiatan pekerjaan pembukaan JUT di dusun 1 dan 2 Tran Taktoy Desa Taktoy .

“Informasi dana dari Dinas pertanian pusat ,melalui kelompok tani anugerah 2 yang di ketuai oleh Lamijo sebagai ketua Kelompok tani ,”kata Budi .

Jalan sudah di buka dan mulai di kerjakan yang lokasinya areal perkebunan sawit di Dusun 1 dan dusun 2 Desa Taktoy,”terangnya .

Namun informasi yang berkembang saat ini akses pembukaan badan jalan tersebut terhenti dan belum di ketahui penyebabnya ,”ujar Kepala Desa Taktoy.

” Untuk kegiatan pembukaan badan jalan sepanjang 3900 Meter infonya ,kita juga tidak mengetahui secara detil pelaksananya di lapangan karena ketuanya tidak ada kordinasi dengan kita ,”tegasnya .

Kalau infonya pekerjaan itu sempat berhenti dan belum juga di lanjutkan ,namun saat ini informasi dari masyarakat jalan yang sudah dikerjakan sudah banyak yang longsor .

“Kita mengetahui informasi dari masyarakat ,Pembukaan badan jalan itu terdiri dari 3 titik yakni sebelum kebun sawit Bur ,kedua sebelum jembatan sungai karet yakni ada yang ke kanan dan ada yang kekiri jalan ,”terangnya .

Untuk saat ini alat berat yang berada di lokasi untuk pengerjaan sudah tidak ada di lokasi lagi ,informasinya sudah keluar dari lokasi pekerjaan sekitar 1 bulan yg lalu ,”ungkap Kepala Desa Taktoy .

Terpisah Eko selaku Sekretaris Kelompok tani Anugrah 2 mengatakan membenarkan adanya pekerjaan pembukaan jalan baru di Dusun 1 dan 2 di Tran Taktoy Desa Taktoy Kecamatan Padang Ulak Tanding ( PUT ) Kabupaten Rejang Lebong Bengkulu .

“Ya benar ada pekerjaan di situ ,tapi kita tidak mengetahui secara detil karena kesemuanya di kerjakan oleh pak Ketua Kelompok Tani dan kami tidak di libatkan dalam pelaksanaan kegiatan tersebut .

Sementara itu, Amrul Eby selaku Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Rejang Lebong mengatakan bahwa pihaknya tidak mengetahui secara pasti dan relnya adanya item pekerjaan pembukaan jalan usaha tani yang ada di Desa Taktoy Kecamatan PUT.

“Kalau infonya memang iya adanya pekerjaan item pekerjaan tersebut yang mana dananya berasal dari Dana bantuan dari BPDPKS ( Bandan Pengumpul Dana perkebunan Kelapa Sawit ) melalui Dinas Pertanian Pusat ,”ujarnya .

Sebab pihak kelompok tani yang mengerjakan pekerjaan tersebut tidak ada kordinasi dengan kita ,Namun beberapa hari kedepan kita akan turunkan tim kita untuk melihat secara langsung pekerjaan tersebut dan apa yang menjadi kendalanya di lapangan .(GRNG)

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Kreatif Dunkzzz