Dr. H. Hendri S.STP, M.Si, Paket Komplit Dari Lembak

*Cawabup Rejang Lebong Periode 2024-2029 No Urut 1

REJANG LEBONG – Cabup Rejang Lebong Nomor urut 1, Fikri Thobari SE, MAP tampaknya makin realistis meraih kemenangan dalam Pilkada Rejang Lebong 27 November 2024. Pasalnya Ketua DPC Partai Amanat Nasional (PAN) Rejang Lebong itu didampingi Cawabup potensial yakni DR. H. Hendri, S.STP, M.Si.

Cawabup kelahiran Desa Apur Kecamatan Sindang Beliti Ulu (SBU) Kabupaten Rejang Lebong, 02 Februari 1985 itu disebut-sebut Paket Komplit. Pasalnya suami dr Melka Novera Sari Sp.N yang merupakan kelahiran Desa Belitar Muka, 06 Maret 1985 itu memiliki backgroud yang komplit. Jika biasnya seseorang tokoh biasanya memiliki backgroud birokrasi atau akademisi saja, ayah dari Muhammad Zhilal Adzikra dan
Zhura Sabrina Azhara memiliki gabungan dari itu.

Cawabup muda dan berparas ganteng ini dikenal cerdas karena background akademisinya mulai dari S1, S2 dan S3 bahkan sempat menjajaki upaya untuk merengkuh gelar professor.

Memulai pendidikan S1 di Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) tahun ajaran 2004 – 2008, kemudian lanjut S2 di Universitas Bengkulu tahun 2008 – 2011 dan selanjutnya S3 atau mendapatkan gelar doktor di Universitas Sriwijaya 2016 – 2019 raihan Dengan Pujian (Cumlaude).

Pria yang sempat menggemparkan karena kemunculannya dalam hiruk pikuk jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Rejang Lebong (RL) 2024-2029 itu juga terbilang paham birokrasi dan juga sosok yang tegas. Hendri Praja, sapaan akrab pria ini rela menanggalkan zona nyaman yang telah dijalaninya dengan menanggalkan statusnya sebagai ASN (Aparatur Sipil Negara) demi satu tujuan mulia agar bisa lebih banyak berperan dan membantu rakyat. Padahal beberapa posisi sudah dijabatnya walaupun dalam hitungan usia, alumni SMP Negeri 2 Belitar tahun 2000 itu terbilang masih sangat muda.

Dalam kariernya sebagai abdi negara, pemilik suara tinggi dengan genre musik rock barat itu mengawali dengan menjadi
Staf BKD tahun 2008. Tidak sampai satu tahun H. Hendri diberikan amanah sebagai Sekretaris Lurah (Seklur) tahun 2009. Namanya sempat viral ketika meraih penghargaan sebagai Lurah Terbaik tingkat Kabupaten Musi Rawas, Sumsel saat menjabat sebagai Lurah Selangit Kecamatan Selangit dan kemudian Lurah Talang Ubi Kecamatan Megang Sakti. Setelah itu Cawabup RL yang diusung PAN, Partai Demokrat dan PDI Perjuangan itu diberikan amanah sebagai
Plt Sekretaris Camat ditahun 2016. Selanjutnya pada tahun 2019 hingga 2021 H. Hendri menjabat sebagai Kepala Bagian Ekonomi Setda Kabupaten Musi Rawas 2019 – 2021 dimana terbilang sukses membantu penanganan Covid 19 di Musi Rawas dan kemudian menjadi
Analis Ideologi pada Badan Kesatuan Bangsa tahun 2021 hingga kini. Namun putra asli Lembak yang disebut-sebut Mutiara Terpendam itu kini sudah mengajukan pengunduran diri sebagai ASN demi memenuhi syarat mencalonkan diri sebagai Cawabup dan akan ikut dalam Pilkada Rejang Lebong 2024 mendampingi Cabup HM Fikri Thobari SE, MAP.

Dorongan yang kuat dari masyarakat khususnya suara arus bawah yang menginginkan perubahan dari tangan dingin tokoh muda akhirnya memantapkan tekad H. Hendri untuk mengabdikan diri dengan satu program besar yang menyentuh langsung masyarakat yakni ‘Bantu Rakyat’.

H. Hendri disebut-sebut sebagai sosok yang energik dan tentunya putra daerah karena dirasa mengenal kultur dan kondisi daerah dimana paling tepat memimpin Rejang Lebong. Pengalamannya di dunia usaha yang juga menjadikan H Hendri sebagai sosok dengan Paket Komplit (Birokrat, Akademisi, Pengusaha) menjadi bekal penting membangun daerah untuk menjadikan Rejang Lebong yang Bahagia dan Istimewa.

Walaupun terbilang berkecukupan, pria penyuka Durian itu termasuk orang yang tidak pandai menonjolkan diri. Hendri Praja lebih banyak berbuat baik di bidang sosial, keagamaan dan lainnya namun dengan taktik ‘Silent’. Makanya sejauh ini masyarakat belum banyak yang tahu paras dari penyandang gelar Doktor S3 Fakultas Ekonomi Unsri itu, tapi sudah sangat familiar dengan nama Hendri Praja.

Sebagai putra daerah, masyarakat lebih realistis dimana harapan dan perhatian terhadap mereka akan lebih diperhatikan dan direalisasikan. Sebab putra daerah tentunya lebih terikat dan dekat dengan daerahnya sehingga bisa menerapkan apa yang disebut dengan pemerataan pembangunan.

Nama H. Hendri, lulusan STPDN Jati Nangor ini ternyata harum dan sangat dikenal khususnya di Lembak. Karena dalam lima tahun terakhir, tanpa embel-embel apapun, H. Hendri hadir untuk balik kampung dan menunjukkan baktinya membangun tanah kelahiran dan sekitar dengan caranya. Nah ini secara umum juga bisa menjadi modal sebagai bentuk kesungguhan membangun Rejang Lebong secara keseluruhan termasuk khususnya daerah Lembak.

Sebagai pelengkap, pria berpostur 170 Cm itu memulai jenjang pendidikan formal di
SD Negeri 37 Apur tahun 1992 – 1998. Kemudian Madinatul Hadid Cilegon tahun 1998 – 2000 dan lanjut ke SMP Negeri 2 Belitar tahun 2000 – 2001. Setelah itu melanjutkan pendidikan di SMKN 3 Lubuklinggau tahun 2001 – 2003 serta SMA Plus Bina Satria Lubuklinggau tahun 2003 – 2004.

Pria penyuka lagu- lagu Bon Jovi khususnya Bed of Roses itu juga telah menjalani beberapa jalur pendidikan dan latihan. Diantaranya Diklat Kepemimpinan Tingkat IV ( Diklatpim TK.IV ) mulai

21 April 2009 sampai dengan 2 Juni 2009. Kemudian Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan I Tahun 2021
03 Maret sampai dengan 10 Juni 2021 selama 863 jam pelajaran.

H. Hendri juga tercatat sebagai anggota Asia Pacific Consortium of Researchers and Educators (APCORE). Kemudian anggota Academy For Global Business Advancement (AGBA) serta juga anggota International Conference on Organization Innovation (ICOI).

Pemilik usaha peternakan, tambang batu, dan jalan tol Palwmbang – Betung itu juga pernah mengikuti kursus di Liberty English Course Lubuklinggau. Juga di Lembaga Indonesia Amerika (LIA) Palembang. Sriwijaya Economic. Accounting and Business International Conference Palembang, Indonesia. Kemudian Academy for Global Business Advancement (AGBA) 15th Word Congress, NIDA Bangkok, Thailand.International Conference on Organization Innovation (ICOI) 2018 Fukuoka, Japan. Asia Pacific Consortium of Researchers and Educators Convention and International Conference, USA.

Sejauh ini H.Hendri juga memiliki beberapa pengalaman, diantaranya Anggota KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) 2016 – 2020 dan Anggota IKAPTK Sumsel 2016 hingga sekarang. Selain itu juga sebagai anggota IKAPTK Musirawas 2016 smpai dengan sekarang. (Tim Media )

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Kreatif Dunkzzz