PPTK Pembangunan Median Jalan : Izin Belum Terbit Baru Disetujui

NARASI UPDATE – Terkait Permasalahan Izin Proyek Pembangunan Median Jalan Muara Beliti – Lubuklinggau di jalan Nasional. Diketahui dari keterangan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK), izin dari Kementerian Pekerjaan Umum memang belum keluar atau terbit.
Ican selaku PPTK Pembangunan Median Jalan Muara Beliti – Lubuklinggau, mengatakan izin tersebut baru berupa persetujuan dari Balai Besar Pengawas Jalan Nasional Wilayah Sumatera Selatan.


“kita sudah dapat persetujuan dari Balai Besar, semua persyaratan yang diminta sudah kita lengkapi.” akui Ican diruang kerja nya. Senin (5/12/2022).


Dijelaskan Ican, bahwa Izin dari Kementerian Pekerjaan Umum saat ini tengah berproses, namun Ican menegaskan jika pekerjaan telah berjalan dilaksanakan dikarenakan telah mendapatkan persetujuan dari pihak Balai Besar Pengawas Jalan.


Kembali diakui oleh Ican, Pembuatan median jalan tersebut bukanlah di atas jalan Nasional, melainkan di bahu jalan Nasional. Akan tetapi meskipun begitu, Ican mengakui jika pekerjaan tersebut harus tetap berizin.


“proyek itu bukan di tengah jalan Nasional melainkan di bahu jalan Nasional. Jalan Nasional itu disebelah kiri kalau kita dari Lubuklinggau, sementara yang sebelah kanan itu jalan Kabupaten status nya.” Jelas Ican.


Lalu, Terkait izin pembangunan median jalan tersebut diakui Ican tidak ada sangkut paut nya atau tidak diperlukan izin dari Kementerian Perhubungan, melainkan pembangunan ini hanya memerlukan Izin dari Kementerian Pekerjaan Umum.


Sementara disisi lain sebelumnya, Merujuk dari keterangan Dinas Perhubungan Kabupaten Musi Rawas, hingga saat ini belum mengetahui dan belum ada koordinasi dari pihak Dinas PUCKTRP terkait pembangunan tersebut.


“Status jalan itu jalan negara, seharusnya memiliki izin terlebih dahulu sebelum pembangunan tersebut dilaksanakan. Tapi hingga saat ini saya belum mengetahui sudah memiliki izin atau belum dikarenakan sampai sekarang belum ada pihak Dinas PUCKTRP datang koordinasi ke bidang saya. Tidak tahu kalau langsung ke Kepala Dinas ya, kalau ke bidang saya belum ada.” Jawab Pangidoan Silitonga, Kepala Bidang Lalu Lintas Perhubungan Darat, Dinas Perhubungan Musi Rawas.


Untuk diketahui saat ini progres proyek tersebut telah mencapai 70 persen.
Sekedar informasi, pekerjaan Pembangunan Median Jalan Muara Beliti – Lubuklinggau yang dianggarkan oleh Dinas PUCKTRP Musi Rawas senilai 2,8 Miliar diketahui dilaksanakan oleh CV. Putra Rawas Engineering.


CV. Putra Rawas Engineering merupakan pemenang tender yang diikuti oleh 7 peserta, didalam proses tender diketahui hanya CV. Putra Rawas Engineering yang mengajukan harga penawaran dengan selisih harga sebesar 2.500.00 dari nilai Pagu anggaran.(*)

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Kreatif Dunkzzz