Wakil Wali Kota Jadi Pemimpin Upacara HUT Pramuka ke-61

  • ADVERTORIAL — Wakil Wali Kota Lubuklinggau, H Sulaiman Kohar selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Lubuklinggau memimpin upacara peringatan hari Pramuka ke-61 tahun 2022, bertempat di Bumi Perkemahan Silampari Kelurahan Rahma Kecamatan Lubuklinggau Selatan ll, Senin (3/10/2022).

Dalam amanatnya membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Drs Budi Waseso, Wawako mengatakan segenap anggota Gerakan Pramuka Indonesia bersuka cita, karena organisasi pendidikan kepanduan Praja Muda Karana yang kita cintai ini genap berusia 61 tahun.

Tahun ini pula sekaligus kita memperingati 110 tahun keberadaan gerakan kepanduan di Bumi Indonesia yang telah ada sejak 1912.

Tema utama peringatan Hari Pramuka tahun ini adalah ”Mengabdi Tanpa Batas untuk Membangun Ketangguhan Bangsa”. Tema ini menunjukkan tekad kita untuk terus mengabdi tanpa batas di berbagai bidang. Pengabdian yang lakukan adalah bagian dari pendidikan di dalam Gerakan Pramuka.

“Semua bentuk pengabdian yang dilakukan sejalan dengan kode kehormatan kita, yaitu Dwi Satya dan Dwi Darma untuk Pramuka Siaga, serta Tri Satya dan Dasa Darma untuk golongan Pramuka lainnya,” ujarnya.

Di semua kode kehormatan Gerakan Pramuka ditekankan pentingnya bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang antara lain diwujudkan dengan saling menolong dalam semangat persaudaraan tanpa membedakan suku, agama, ras, dan antar golongan.

Dalam situasi pandemi Covid-19 Gerakan Pramuka telah melakukan banyak hal. Dirinya berharap pandemi Covid-19 segera hilang dan kita bisa lebih leluasa mengadakan berbagai kegiatan kepramukaan.

Sementara itu, Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Lubuklinggau, HA Rahman Sani mengungkapkan Bumi Perkemahan Silampari Kelurahan Rahma Kecamatan Lubuklinggau Selatan II dibangun pada 2014.
Sebelumnya bumi perkemahan ini berada di Kelurahan Belalau ll Kecamatan Lubuklinggau Utara I.

Dalam acara HUT tahun ini, ada penampilan tari bedebur dibawah asuhan, Hj Erlinda. Gerakan tari ini merupakan ungkapan kegembiraan serta semangat Pramuka Kwartir Cabang Lubuklinggau bak deburan semangat yang tiada putus asa.

Selain itu ada pula penyematan tanda penghargaan Pramuka, penyerahan piagam dan tiska peserta jambore nasional, penyerahan piagam penghargaan sebagai pengunjung terbanyak di stand pameran Sumsel pada jambore nasional, penyerahan ucapan terima kasih kepada sponsor pendukung stand pameran Sumsel pada jambore nasional dan pemberian apresiasi kepada Pramuka Werda (lansia). Ada pula paduan suara Medley lagu-lagu Pramuka dan peninjauan bazar siaga.

Hadir Ketua Kwartir Daerah Sumsel, Drs. Reza Fahlevi, MM, Ketua Kwartir Cabang Musi Rawas, H Suwarti, Kepala OPD, perwakilan Kodim 0406 Lubuklinggau dan tamu undangan lainnya. (ADV).

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Kreatif Dunkzzz