Pembuatan Multimedia Interaktif Dapat Mempermudah Proses Pembelajaran Daring

NARASIUPDATE.COM – Kemajuan teknologi di dunia saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat, teknologi juga telah memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap kehidupan manusia dalam berbagai sudut pandang kehidupan.

Seperti yang terjadi dalam bidang pendidikan. Dukungan teknologi untuk para pendidik dalam melakukan pembelajaran sehari-hari suatu hal yang sangat penting dalam mendukung proses belajar siswa. Tugas guru bukan sekedar mengajar, namun juga harus memanajemen kelas dan juga mampu menciptakan kelas belajar yang kondusif, kreatif, aktif, dan inovatif dengan memanfaatkan media pembelajaran sebagai perantara.

Tetapi pada dasarnya, pembelajaran yang dilakukan oleh guru belum mampu menciptakan suasana belajar yang kreatif, inovatif serta belum memaksimalkan teknologi. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang lakukan merupakan salah satu bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Pengabdi yaitu Pelatihan Pembuatan Multimedia Interaktif bagi kelompok SIM PKB Guru SD se Kecamatan Muara Beliti. Proses pelatihan ini diharapkan agar guru-guru SD terampil dalam membuat media pembelajaran dalam menjawab tantangan belajar di masa pandemi covid-19.

Salah satu dosen STKIP PGRI Lubuklinggau, Riduan Febriandi, M.Pd. di damping dengan Aswarliansyah, M.Pd, berhasil melaksanakan kegiatan pengabdian kepada Masyarakat dengan judul Pelatihan Pembuatan Multimedia Interaktif untuk pembelajaran daring bagi kelompok SIM PKB Guru SD kecamatan Muara Beliti adalah strategi yang tepat untuk mewujudkan tujuan pendidikan pada masa pembelajaran daring.

Multimedia Interaktif adalah suatu kumpulan dari beberapa media seperti teks, gambar, audio, video, dan animasi yang bersifat interaktif atau yang dapat dioperasikan oleh pengguna sehingga pengguna dapat memilih apa yang diinginkan untuk proses selanjutnya.

Dengan menggunakan multimedia interaktif siswa akan lebih mudah memahami materi yang diberikan oleh guru, dan guru jadi lebih efesien dan efektif memberikan pelajaran kepada siswa SD. Setelah dilakukan pengabdian Pelatihan Pembuatan Multimedia Interaktif untuk pembelajaran daring dalam meningkatkan keterampilan mengajar guru SD se Kecamatan Muara Beliti, akan diperoleh luaran sebuah multimedia interaktif yang dapat digunakan oleh beberapa sekolah dan beberapa pelajaran secara daring dalam menerapkan pemebelajaran tematik di tingkat SD.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal pengabdian dilakukan secara berkala dengan melakukan pemetaan jumlah guru, sarana dan prasarana yang sesuai, dan waktu pelaksanaan dilakukan 2 kali pelatihan atau 2 minggu. Setelah pelatihan selesai akan dilakukan evaluasi berupa pendampingan sehingga para guru yang mengikuti pelatihan dapat membuat bahan ajar masing-masing.

Riduan sebagai ketua menyatakan Guru-guru yang hadir diberikan materi selama 2 x 60 menit, selanjutnya dilakukan praktek dalam membuat media interaktif. Selama praktek guru-guru sangat antusias dan banyak bertanya secara langsung terkait proses pembuatan media. Guru yang hadir terdiri dari 10 sekolah yang berada di kecamatan muara beliti dengan jumlah peserta 25 Orang.

Guru-guru yang telah berhasil dalam membuat media pembelajaran interaktif diharapkan dapat terus berkreasi semenarik mungkin dalam memnuhi kebutuhan siswa, agar pembelajaran siswa secara daring tidak membosankan justru menambah minat belajar siswa. Dan guru dapat menyampaikan materi pembelajaran secara maksimal keapda siswa, sehingga hasil belajar siswa dapat mencapai sesuai tujuan pembelajaran yang ditentukan. (Rls)

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Kreatif Dunkzzz